Ini Dia 5 Fakta Unik Fidget Spinner, Kamu Sudah Tau?

Halo guys, udah pada tau belum ada mainan viral bernama fidget spinner di Indonesia? Buat yang belum tau, saya jelasin dulu sedikit soal mainan yang lagi booming ini. Fidgetting atau fidget adalah tindakan bergerak secara tidak sadar yang diakibatkan kegelisahan, kebosanan atau kombinasi dari semua itu, penyebab dari fidget disebabkan oleh gen atau alam bawah sadar.

Fidgetting sering kali dilakukan dengan jari yang melibatkan rambut, barang yang berada disekitarnya atau pakaian dan juga melibatkan pergerakan kaki yang berulang kali. Nah, fidget spinner diciptain buat menanggulangi kebiasaan fidgeting tersebut. Entah karena trend atau memang mainan ini menarik penggunanya. Dengan kepopuleran dan kelebihan yang dimiliknya, Wall Street Journal bahkan menyebut fidget spinner sebagai mainan yang wajib dimiliki tahun ini. Untuk mengenal lebih jauh mainan sederhana ini, kami sudah merangkum beberapa fakta menarik khusus untuk kamu guys. Penasaran? Yuk di simak guys!

1. Kisah dibalik Penemuan Mainan ini tahun 1990-an

Catherine Hettinger, seorang wanita asal Florida, Amerika Serikat disebut-sebut sebagai penemu fidget spinner.

Konon, Catherine Hettinger saat diwawancarai Money awal Mei lalu, mengaku salah satu inspirasinya membuat spinner adalah saat ia melihat bocah-bocah Palestina melempar batu ke polisi Israel.
Kejadian yang ia saksikan saat berkunjung ke Israel tahun 1980-an itu menggugah hatinya untuk membuat media alternatif bagi anak-anak tersebut untuk menyalurkan tenaga ataupun emosi mereka.

Oleh karena itu, Catherine Hettinger mendapatkan ide untuk membuat sesuatu yang dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian anak-anak sekaligus menyalurkan emosi dan energi mereka. Dirancanglah spinner toy, sebuah terobosan mainan yang sayangnya baru populer 20 tahun kemudian.

Pada tahun 1997, Catherine Hettinger sempat mendaftarkan hak paten untuk mainan ciptaanya. Tapi saat masa berlakunya habis pada tahun 2005, Catherine Hettinger tidak memperpanjangnya lagi karena masalah ekonomi.

Selama kekosongan hak paten inilah akhirnya banyak perusahaan mainan yang mengembangkan lebih lanjut mainan ini dan akhirnya menjadi fidget spinner. Hasilnya, kini model dan jenis fidget spinner jadi semakin beragam.

2. Fidget Spinner dapat Meredakan Stress

Emang bener ya fidget spinner bisa membantu ngurangin stress dan bikin tambah fokus? Faktanya adalah fidget spinner ini mampu menghilangkan stres dan rasa bosan. Juga, memberikan kita kesempatan untuk mengistirahatkan otak kita selama beberapa menit. Dengan mengistirahatkan kerja otak, kita bisa lebih tenang dan bisa fokus dalam mengerjakan suatu hal.

Crista Hopp, seorang terapis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) asal Virginia, Amerika Serikat, bilang kalo fidget toys memang bisa mengurangi kebiasaan untuk fidgetting.

“Ketika tangan atau anggota tubuh yang lain bergerak, seseorang menjadi lebih fokus pada hal yang mereka harus lakukan. Spinner membantu untuk mengalihkan kebiasaan tubuh kita bergerak tanpa sadar,” ujarnya.

Dengan fidget spinner, kamu bisa melupakan tugas yang menumpuk dan menikmati waktu istirahat sesaat loh. Kamu juga bisa merasakan sensasi motorik pergerakan fidget spinner di tangan. Bentuknya yang kecil pula membuat alat ini praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi, udah enggak jaman deh gigitin kuku, atau mainin rambut kalo kamu sedang dilanda bosan!

3. Dicekal Sekolah di beberapa Negara

Mainan yang dipercaya membantu penggunanya lebih fokus ini rupanya justru dicekal di beberapa sekolah loh! Di Amerika Serikat, sebanyak 63 sekolah menengah atas melarang murid-muridnya untuk membawa fidget spinner. Sedangkan negara lainnya yang mencekal mainan ini dibawa ke sekolah adalah Inggris, Malaysia dan juga Singapura.

Menurut para guru itu sangat mengganggu proses pembelajaran di dalam kelas. Dilansir dari Washington Post, seorang terapis anak dari Cleveland, Claire Heffron, kecewa dengan larangan tersebut. Dia pun berharap bahwa fidget spinner ini disebut sebagai alat untuk penghilang kegelisahan, bukan mainan. Beruntunglah kalian yang ada di Indonesia guys!

4. Fidget Spinner termahal terbuat dari Iphone 7

Salah satu saluran Youtube ternama EverythingApplePro, baru-baru ini membuat versi fidget spinner mereka sendiri. Menurut sebagian orang, fidget spinner yang dibuat oleh mereka adalah yang termahal di dunia saat ini. Bagaimana tidak, produk fidget spinner buatan EverythingApplePro terbuat dari iPhone 7.

Modal untuk membeli iPhone 7 jasa sudah ditaksir angkanya berada di atas 10 juta rupiah. Belum lagi jika produk tersebut dijual kembali (meski tidak mungkin) dan dihitung bersama ongkos jasa pembuatannya. Mungkin harganya bisa berada dikisaran Rp 15 juta atau bahkan lebih.

Untuk membuat fidget spinner dari iPhone 7 bukanlah perkara mudah. EverythingApplePro harus membobol terlebih dahulu bagian tengah agar nantinya dapat diputarkan. Resikonya tentu saja jika salah perkiraan, bisa saja tekanan dari alat bor yang dipusatkan pada baterai sewaktu-waktu dapat meledak.

5. Lalu, apakah Fidget Spinner benar-benar punya Efek Baik terhadap Kesehatan?

Seperti yang dipaparkan oleh ahli psikologi dari University of Central Florida, Mark Rapport, kemungkinan manfaat dari gerakan fidget spinner itu bisa begitu berguna sebagai terapi untuk ADHD.

“Menggunakan mainan yang bisa berputar seperti itu lebih ke arah dapat memberikan distraksi daripada manfaat nyata untuk individu dengan ADHD,” kata Mark seperti dikutip dari Live Science.

Jadi, jelas rasanya kalau keberadaan mainan satu ini bisa membuat mereka pun kian fokus. Dan, tanpa perlu dijabarkan panjang lebar lagi kalau mainan sederhana satu ini begitu banyak manfaatnya. Untuk itu, nggak salah kok kalau setelah ini kamu jadi kian tertarik untuk memainkannya.

Nah guys, udah tau kan fakta unik dari mainan yang lagi booming ini? Gak ada salahnya kamu membeli dan mencoba manfaatnya dirumah guys!