7 Peraturan Unik Sekolah Dunia Yang Tidak Ada di Indonesia

Sudah menjadi ketentuan siswa untuk mematuhi peraturan tata tertib yang dibuat oleh sekolah. Sekolah adalah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Hampir semua sekolah di dunia ini menerapkan beberapa peraturan yang dibuat untuk ditaati oleh semua siswa-siswanya. Jika dibandngkan dengan negara–negara maju di bidang pendidikan seperti Finlandia, Inggris, Amerika ataupun Jepang, tingkat pendidikan di Indonesia mungkin bisa dikategorikan rendah.

Mengapa? Ya, kita sadar dari zaman ke zaman memang siswa-siswa di Indonesia termasuk saya banyak sekali yang pasti sering melanggar peraturan-peraturan di sekolah. Mulai dari rambut, bolos sekolah hingga sering tidur di kelas. Haha! Tapi taukah kalian di beberapa negara di dunia terdapat peraturan–peraturan unik dan cenderung aneh bagi siswanya yang beberapa diantaranya justru malah mampu meningkatkan kualiatas pendidikan yang mereka miliki. Penasaran? Berikut ulasannya hanya untuk kalian guys!

1. Dilarang Menguap Selama Jam Pelajaran (Inggris)

Di sekolah Indonesia, siswa menguap merupakan hal yang biasa. Tapi tidak bagi sekolah yang berada di Barnet, London. Bahkan jika sampai 3 kali siswa tersebut ketahuan menguap, mereka akan langsung dikeluarkan dari kelas atau tidak boleh ikut mata pelajaran selanjutnya. Apa jadinya peraturan aneh ini jika ada di Indonesia? Wah, bisa-bisa orang tua murid pada demo ke sekolah nih! Hehe.

2. Dilarang Bergandengan Tangan (Amerika Serikat)

Di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, murid sekolah dilarang bergandengan tangan. Peraturan ini diberlakukan karena bergandengan tangan dianggap dapat mengacu kepada aktivitas seksual. Peraturan ini dibuat karena sekolah Tennessee termasuk dalam 10 bagian negara Amerika Serikat dengan tingkat kehamilan tertinggi. So, bagi siapa saja yang melanggar peraturan ini, pihak sekolah akan memanggil orang tua dari siswa yang bergandengan tangan. Ibarat di Indonesia seperti SPO (Surat Panggilan Orangtua).

3. Dilarang Mencontek (Bangladesh)

Jika kamu bersekolah di sekolah Bangladesh ini, jangan coba-coba untuk mencontek. Kenapa? Karena jika kamu sampai ketahuan hukumannya bukan hanya akan berhadapan dengan guru, tapi langsung dengan polisi. Mungkin jika peraturan ini ada di Indonesia dapat menimbulkan kontroversi di kalangan pelajar. Mengapa timbul kontroversi? Ya pasti, siswa di Indonesia rata-rata mempunyai satu jurus paling ampuh untuk dapatkan nilai bagus di sekolah apalagi kalau bukan jurus nyontek! Hahaha.

4. Jam Belajar hanya 5 Jam per Hari (Finlandia)

Peraturan ini cukup aneh jika didengar. Waktu 5 jam apa mungkin cukup untuk proses belajar mengajar? Tapi nyatanya, Finlandia merupakan negara dengan kualitas pendidikan paling baik di dunia loh. Peraturan ini berlaku untuk seluruh sekolah menengah pertama dan menengah atas. Terbukti, cara ini efektif membuat siswa lebih fokus dalam mengikuti pelajaran. Siapa yang gak mau sekolah dengan jam pelajaran secepat itu? Pasti kalian semua tergiur guys! Hahaha.

5. Dilarang Memakai Sweater dan Jaket saat Pergi maupun Pulang Sekolah (Jepang)

Peraturan ini berlaku untuk semua siswa-siswa yang menjadi pelajar di negara Sakura tersebut. Memakai sweater atau jaket dianggap merusak penampilan mereka, karena hanya memakai seragam saja sudah cukup menjadi identitas sekolah masing-masing siswa. Jadi, siswa-siswa yang pergi maupun pulang sekolah bisa dikenali dari mana asal sekolahnya berdasarkan seragamnya. Di Indonesia malah siswa-siswa sekarang berebut untuk membeli jaket dengan model terbaru dan memakai nya di sekolah hanya untuk gaya-gaya an. Sangat miris!

6. Dilarang Memiliki Sahabat (Inggris)

Entah mengapa ada sekolah yang membuat peraturan tak rasional ini. Beberapa sekolah di Inggris melarang siswanya mempunyai teman dekat alias sahabat. Pihak sekolah melarang siswanya mempunyai teman dekat dengan argumen agar mereka tidak memilki musuh, lantaran rekan dapat berubah menjadi musuh.

Hmm, masuk akal juga sih. Tapi tetep aja aneh, ya?

7. Dilarang Jatuh Cinta (China)

Nah, ini dia peraturan yang akan membuat kerusuhan di Indonesia jika diterapkan pada setiap sekolah. Peraturan ini diterapkan sejumlah sekolah menengah di China yang melarang murid laki-laki dan perempuan saling jatuh cinta.

Di sebuah sekolah menengah di Hangzhou misalnya, murid laki-laki dan perempuan tidak boleh saling berdekatan. Mereka harus menjaga jarak setengah meter di mana pun dan kapan pun, seperti dilansir BBC. Mereka juga dilarang berjalan-jalan berduaan.

Jika dilarang berpacaran sih masih masuk akal. Tapi kalau dilarang jatuh cinta? Sepertinya cukup sulit, karena cinta bisa datang kapan saja tanpa direncanakan. Hahaha!

Nah guys, selain ke 7 peraturan tersebut adakah yang lebih unik? Sebaiknya dari larangan diatas, Indonesia harus mencontoh nomor 1,2,3 dan 4. Karena cukup pantas jika diterapkan agar para generasi muda kita tidak rusak oleh pergaulan bebas. Masuk akal bukan? Semoga bermanfaat ya guys, terima kasih.