Yuk Mari Mengenal Air Zam-Zam

Selain Ka’bah, kota Mekkah masih memiliki ikon kota yang sangat dikenal dunia. Mekkah memiliki air zam-zam yang dianggap sebagai air yang suci dan penuh keajaiban. Air zam-zam sendiri merupakan sumur mata air yang berada di sekitar kawasan Masjidil Haram. Terletak di sebelah tenggara Ka’bah, sumur air zam-zam ini berkedalaman 42 meter. Disini kita akan mengulas kembali asal mula air zam-zam serta manfaatnya loh.

Sejarah Air Zamzam

Air zam-zam dalam sejarahnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim AS di sebuah padang tandus. Cerita Siti Hajar yang ditinggal Ibrahim ini diabadikan Allah SWT dalam Alquran surah Almaidah (14) ayat 37.

Karena bekalnya habis, Siti Hajar berusaha mencari makanan atau orang-orang yang kemungkinan berada di sekitar tempat ia ditinggal Nabi Ibrahim. Ia pun berlari ke Bukit Marwah, balik lagi ke Bukti Shafa, dan kembali lagi ke Bukit Marwah. Tercatat, tujuh kali dirinya bolak-balik bukit Shafa-Marwah. Apa yang dilakukan Siti Hajar itu kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.

Setelah lelah bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah, Siti Hajar mendengar perintah dari Allah melalui malaikat untuk melihat putranya yang sedang menangis dan menghentak-hentakkan kakinya ke tanah. Ternyata, hentakan kaki Ismail AS itu berhasil mengeluarkan air yang berlimpah-limpah. Siti Hajar pun kemudian berkata, “zamzam (berkumpullah),” hingga akhirnya air yang berkumpul dan berlimpah itu kini dinamakan air zam-zam.

Munculnya air dari bekas hentakan Nabi Ismail ini kemudian memicu hadirnya serombongan burung-burung di sekitarnya. Melihat adanya burung ini, para kafilah yang juga sedang mencari air segera menuju tempat burung-burung beterbangan itu. Inilah sejarah singkat awal mula munculnya sumur zam-zam.

Keutamaan dan Manfaat Air Zam-Zam

1. Air penuh berkah
Air zam-zam merupakan jenis air sebaik-baiknya yang ada di muka bumi ini. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW sendiri di mana sebaik-baiknya jenis air yang ada di bumi yaitu ialah air zam-zam. Di mana air ini dapat dijadikan sebagai obat maupun makanan yang sifatnya mengenyangkan. Berdasarkan penjelasan Rasulullah SAW kembali, di mana kita boleh mengambil setiap keberkahan yang ada dalam air tersebut. Setiap orang dianjurkan meminum air ini maupun memerciki air zam-zam pada dada, wajah dan kepalanya.

2. Doa mudah dikabulkan
Jika seseorang memanjatkan doa saat meminum air zam-zam ini, maka doanya akan mudah terkabulkan. Jadi dianjurkan bagi kita semua, saat meminumnya dan meminta kepada sang Maha Pencipta yakni Allah SWT akan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat nanti.

3. Mengobati berbagai penyakit
Keistimewaan air zam-zam lainnya adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan sebagian dari ahli fiqih pun menganjurkan supaya membawa air zam-zam saat pulang dari Mekkah demi menyembuhkan dan mengobati orang-orang sakit yang ada di sekitar kita. Adapun dalilnya berasal dari Aisyah RA pernah mengambil dan membawa air zam-zam pulang pada sebuah botol. Kemudian beliau pun berkata di mana Rasulullah SAW sebelumnya pernah melakukan hal tersebut.

4. Melancarkan peredaran darah
Manfaat dari minum air zam–zam selanjutnya adalah membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah dapat terganggu karena endapan lemak di pembuluh darah akibat kebiasaan yang kurang sehat. Salah satunya adalah hobi makan makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian. Salah satu cara selain minum air zam-zam adalah dengan berolahraga dan menghentikan makan makanan yang tinggi lemak. Lebih baik perbanyak konsumsi buah–buahan dan sayur – sayuran.

Kandungan yang ada di air zam-zam

Penelitian telah membuktikan manfaat dari air zam–zam di segala bidang dan di dalam air zam–zam terdapat 30 unsur dan air ini tidak memiliki campuran warna, aroma, kuman dan bakteri. Senyawa yang terdapat didalam air zam-zam ini antara lain adalah :

-Sodium dengan jumlah 250 mg.
-Kalsium yang baik untuk ketahanan tulang dan gigi sebanyak 200 mg.
-Potasium dan magnesium masing–masing 20 mg dan 50 mg.

Dan sekarang sudah banyak penjualan air zam–zam yang di ekspor oleh pemerintahan Arab Saudi yang bertujuan untuk membagikan manfaat dari air zam-zam ini ke seluruh negara yang ingin merasakan sendiri manfaat air zam-zam tersebut.

Nah pertanyaannya, berapa banyak air zam-zam yang dikuras setiap musim haji? Mari kita hitung secara sederhana. Jamaah haji yang berdatangan dari seluruh penjuru dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah kurang lebih sebanyak dua juta orang. Semua jamaah diberi 5 liter air zam-zam ketika pulang ke tanah airnya. Jika sebanyak 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter zam-zam ke negaranya, itu saja sudah 10 juta liter. Disamping itu selama di Mekah, kalau saja jamaah rata-rata tinggal 25 hari, dan setiap orang menghabiskan 1 liter sehari, maka totalnya sudah 50 juta liter! Namun anehnya sumur akan terisi kembali hanya dengan waktu 11 menit saja! Fantastis bukan?

Dari info di atas kita bisa menyimpulkan bahwa Keagungan Tuhan tidak ada tandingannya, maka dari ini perbanyaklah iman dan taqwa kita kepada Yang Maha Kuasa, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan juga menambah wawasan ya guys!