Ini Dia 9 Kecerdasan Yang di Miliki Manusia, Kamu Yang Mana?

Untuk dibilang cerdas atau tidak, biasanya seseorang cuma perlu melakukan tes standar untuk mengukur kecerdasan individu dari seorang psikolog atau pendidik. Syarat-syaratnya dilihat dari IQ, kecerdasan umum, kemampuan kognitif umum dan kemampuan mental umum, semua itu digunakan untuk merujuk kepada ukuran kognitif tes yang mengutamakan evaluasi keterampilan matematika, kefasihan berbahasa verbal dan visualisasi spasial. Saat di sekolah kalian pasti menganggap bahwa anak yang cerdas adalah yang jago mengerjakan soal matematika maupun soal sains. Tunggu dulu, tapi hal itu tak sepenuhnya benar loh. Dalam ilmu psikologi, kecerdasan manusia sendiri terbagi dalam beberapa kategori. Penasaran? Silahkan di cek guys.

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik merupakan kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar mengisi TTS, bermain scrable, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas.
Ciri-cirinya adlah senang bermain dengan kata-kata, menikmati membaca, diskusi dan menulis, suka membumbui percakapan dengan hal-hal menarik yang baru saja ia baca atau dengar, suka mengerjakan teka-teki silang, suka melawak, bermain scrable atau bermain puzzle.

Dapat mengeja dengan sangat baik, senang bermain dengan kata-kata dan satu lagi tipe orang seperti ini merupakan tipe penggombal. Jika Seseorang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok untuk ia adalah jurnalis, penyair dan pengacara.

2. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan ini merupakan kemampuan memahami bangun tiga dimensi (ruang secara tepat). Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang dan hubungan antar unsur-unsur tersebut. Buat kalian yang suka bermain dengan obyek-obyek ruangan, mungkin kalian memiliki kecerdasan visual atau spasial ini. Pasalnya, kecerdasan ini membuat kita sanggup menangkap dunia ruang visual secara tepat.

orang yang mempunyai kecerdasan ini sanggup memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detil, pola, warna dan ciri-ciri fisik dari sebuah objek. Contohnya saja yang dilakukan oleh arsitek, pelukis dan dekorator.

3. Kecerdasan Jasmani

Kecerdasan ini merupakan keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk menyampaikan ide dan perasaan, dan keterampilan menggunakan tangan juga kaki untuk menciptakan atau mengubah suatu bentuk. Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Orang seperti ini gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik, pintar melakukan sesuatu seorang diri, senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini adalah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.

4. Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, maksud, motifasi, dan persaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wajah, suara, kemampuan menanggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orag untuk melakukan tindakan tertentu. Mereka ini senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau organisasi, lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator atau guru.

5. Kecerdasan Intrapersonal

Sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal adalah orang yang sanggup merasakan emosi orang lain. Tentu hal itu tidaklah mudah dilakukan karena manusia adalah makhluk yang berbeda.

Orang yang memiliki kecerdasan ini punya kemampuan khusus untuk mendeteksi kebutuhan orang lain melalui simpati dan empati. Namun orang yang memiliki kecerdasan ini justru cenderung menjadi pendiam dan suka bekerja sendiri.

6. Kecerdasan Logis

Kemampuan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan, dan pengujian hipotesisi. Cocok buat kamu yang sika hitung-menghitung agak rumit dan senang denagn permainan angka. Tokoh ternama pemilik kecerdasan ini misalnya Albert Einstein dan B.J Habibie.

7. Kecerdasan Musical

Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap irama, pitch, ketukan, nada, melodi dan warna nada dari musik yang didengar. Bisa dengan cepat menghafal lagu ataupun sesuatu yang berhubungan dengan hafalan inilah anda!

8. Kecerdasan Eksitensial

Kecerdasan naturalis atau eksitensial adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. Mereka adalah orang yang sanggup menemukan esensi atau alasan filosofis hidup. Kecerdasan ini biasanya baru muncul di usia remaja.

9. Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan Spiritual merupakan tingkat yang paling tinggi. SQ merupakan bentuk kecerdasan yang menghubungkan manusia dengan Tuhannya. SQ melatih bagaimana mengarahkan semua kemampuan kita untuk melayani Tuhan, untuk mendayagunakan segala potensi sesuai dengan kehendak-Nya. Seseorang yang memiliki IQ & EQ yang baik tetapi tidak mempunyai SQ yang baik bagaikan sebuah pedang yang sangat tajam yang dipegang oleh penjahat dan begitupun sebaliknya.

Nah guys itu tadi info tentang tipe kecerdasan yang dimiliki manusia. Lalu, mana kecerdasan yang paling menonjol di dirimu guys? Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.