Flakka VS Krokodil, Inilah Jenis Narkoba Paling Berbahaya di Dunia

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Semua istilah ini, baik “narkoba” ataupun “napza”, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun, akhir-akhir ini Indonesia dihebohkan dengan narkoba jenis baru yang membuat pemakai nya seperti ‘zombie’ ketika sedang kecanduan narkoba jenis Flakka ini. Tetapi, jauh sebelum Flakka geger, ada beberapa narkoba yang membuat efek mengerikan kepada si pemakai. Mau tahu apa aja narkoba itu guys? Yuk disimak!

1. Whoonga

Malang betul nasib penderita HIV di Afrika Selatan, obat antiretroviral (ARV) untuk menyambung hidupnya belakangan ini sering jadi sasaran perampokan. Pelakunya adalah geng narkoba, yang mengunakan obat tersebut sebagai campuran ganja.

Geng narkoba di negara itu memiliki racikan khusus yang disebut Whoonga, untuk meningkatkan efek ganja saat dihisap. Serupa dengan oplosan miras di wilayah lain termasuk Indonesia, racikan itu terdiri dari bahan-bahan yang tidak lazim termasuk racun tikus.

Belakangan muncul tren baru di kalangan pemakai Whoonga, yakni menambahkan obat ARV yang merupakan obat HIV (Human Immunodeficiency Virus). Para pemakai Whoonga meyakini obat tersebut bisa meningkatkan efek halusinasi bila dicampurkan ke dalam racikan Whoonga.

Sayangnya tidak semua orang bebas mendapatkan ARV, sebab obat itu memang dikhususkan bagi pasien HIV/AIDS. Para pemakai Whoonga akhirnya memilih jalan pintas, yakni merampok pasien HIV dan beberapa klinik yang pastinya menyimpan obat tersebut. Whoonga bisa membuat si pemakai mengalami pendarahan di dalam, gagal jantung dan berujung kematian.

2. Scopolamine

Biasanya narkoba akan bereaksi jika si pemakainya menggunakan barang haram ini dalam takaran yang pas. Tidak sedikit, tapi juga nggak terlalu banyak. Tapi, untuk Scopolamine tak ada takaran pas macam begitu. Para penggunanya selalu memakai Scopolamine dalam jumlah yang begitu sedikit.

Alasan kenapa demikian adalah karena Scopolamine ini luar biasa kuat efeknya. Dipakai sedikit saja ia sudah bisa menimbulkan efek yang tak karuan. Akan jadi bencana kalau si penggunanya memakai barang ini dalam jumlah yang agak banyak. Awalnya mungkin akan sama nge-fly-nya, tapi kemudian yang terjadi adalah kematian.

Namun, Scopolamine sendiri bukan hanya dikenal sebagai salah satu jenis narkoba, tapi juga racun paling mengerikan. Hanya butuh sedikit saja Scopolamine korban bisa langsung tak berdaya. Bahkan rumornya mengatakan kalau satu gram saja Scopolamine bisa membunuh beberapa orang dewasa sekaligus. Wow!!

3. Bath Salt

Efek dari pemakaian bath salts begitu dasyatnya hingga melebihi ekstasi, diantaranya ialah nyeri dada; paranoid; bunuh diri; dan halusinasi. Contoh kedasyatan dari zat ini misalnya adalah efek halusinasinya yang bisa membuat pemakaianya menjadi zombie. Mereka menjadi kanibal dimana siapapun orang dilihatnya sedang tidur, akan terlihat layaknya seekor kambing guling yg maknyos buat disantap.

Kejadian nyata ini pernah dilapoerkan media ditahun 2013 lalu. Diberitakan bahwa seorang pria yg lagi sakau karena bath salt, memakan muka seorang gelandangan yg sedang tidur di sebuah taman kota miami. Walaupun telah coba di hentikan perbuatannya itu oleh polisi, ia tetap dgn asyiknya menggerogoti muka dari gelandangan itu, hingga dengan terpaksa harus ditembak hingga mati. Gila!

4. Flakka

Sama seperti narkoba pada umumnya, pemakai Flakka bertujuan mencari sensasi rileks dan menyenangkan dari narkoba itu. Mereka memang mendapatkannya, namun itu hanya sebentar saja. Selanjutnya yang terjadi adalah hal ngeri yang mungkin tak mereka sadari.

Tak hanya membuat seseorang menjadi gila, Flakka juga menimbulkan efek ngeri lainnya. Salah satunya adalah menjadikan tubuh layaknya zombie. Pernah lihat kan zombie-zombie di Resident Evil atau Walking Dead? Kurang lebih seperti itulah efek Flakka ketika dipakai. Hal tersebut sendiri wajar sebagai reaksi tubuh akan masuknya benda asing yang berbahaya.

Di Amerika, barang haram satu ini bisa dibeli dengan harga yang sangat murah, sekitar Rp. 64 ribu saja per kemasan langsung pakai. Makanya, peredarannya pun jadi begitu cepat karena setiap orang sanggup untuk membeli Flakka. Benda laknat ini pun juga dimasukkan dalam daftar narkoba paling murah dan paling berbahaya di dunia.

5. Krokodil

Krokodil dibuat dari campuran berbagai bahan seperti kodein, bensin, thinner, asam klorida, dan fosfor merah. Adalah asam klorida yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Salah satu alasan orang membuatnya karena obat dapat dibuat di rumah, dengan biaya yang murah tanpa memerlukan laboratorium mewah.

Nama krokodil diambil dari reptile besar yang dalam bahasa Inggrisnya bernama crocodile atau dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan buaya. Dinamakan krokodil karena para pecandu yang menggunakan krokodil pada kulitnya akan ditemukan bagian-bagian tubuh yang bersisik dan membusuk. Jika pecandu menyuntikkan krokodil dan cairan tersebut tidak masuk ke pembuluh darah, maka bengkak berisi nanah akan segera terlihat.

Efek yang paling mengerikan dari penggunaan krokodil drug ialah daging beserta kulit pengguna akan jatuh seperti meleleh dari tubuh. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengalami pneumonia, keracunan darah, kerusakan arteri bahkan meningitis disertai kematian yang mengenaskan.

Nah guys, itulah tadi beberapa jenis narkoba paling berbahaya di dunia. Jangan coba-coba ya! Semoga bermanfaat dan terima kasih.