5 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Rupiah Tertinggi di Dunia

Uang di Indonesia sendiri banyak yang bilang sebagai duit. Uang yang kita kenal sekarang ini telah mengalami proses perkembangan yang panjang. Pada mulanya, masyarakat belum mengenal pertukaran karena setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannnya dengan usaha sendiri. Untuk di Indonesia, mata uang resmi adalah Rupiah (Rp) dan diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai bank central yang menjadi Badan Usaha Milik Negara dalam mengatur perekonomian dalam negeri.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Kembali ke masa-masa Orde Baru, Rupiah pernah menjadi mata uang yang paling diperhitungkan di dunia. Percaya atau tidak, di tahun 1970an, $1 pernah dihargai Rp 250 saja. Seandainya bisa dipertahankan hingga hari ini, Indonesia bakal makmur luar biasa. Negara-negara barat mungkin bisa kita libas. Namun, kejayaan itu hanya di masa lampau. Lalu negara manakah yang memiliki kurs tertinggi di dunia saat ini? Berikut beberapa mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia!

1. Poundsterling Siprus

Republik Siprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian timur, ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat Suriah. Ibu kotanya adalah Lefkosia (Nikosia). Mata uang Siprus termasuk mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia saat ini.

Mata uang nya adalah Poundsterling, yang sebetulnya banyak digunakan di negara-negara Eropa seperti negara ratu Elizabeth. Namun ternyata, nilai tukar di tiap negaranya berbeda. Poundsterling Inggris masih dibawah Poundsterling Siprus. Kode mata uang Siprus adalah (CYP). 1 Poundsterling Siprus (CYP) seharga RP. 25.455,68.

2. Rial Oman

Negara kecil ini terletak di ujung sebelah selatan Saudi Arabia dan juga jadi tetangganya Uni Emirat Arab. Meskipun tergolong negara kecil, tapi tendangannya luar biasa, maksudnya dalam hal currency atau mata uang. Negara penghasil minyak bumi seperti Oman memang terkenal mapan dibidang ekonomi, tidak heran jika negara-negara di Timur Tengah punya nilai mata uang yang tinggi di dunia. Kode mata uang Oman adalah (OMR). 1 OMR dihargai 2.6 USD hampir-hampir sama dengan mata uang Bahrain. Kalau dibandingkan dengan Rupiah, 1 Rial Oman (OMR) ini seharga Rp 35 ribuan.

3. Dinar Bahrain

Bahrain berada dalam kelompok kepulauan antara Semenanjung Qatar dan sebelah timur laut pesisir Arab Saudi. Bahrain adalah sebuah negara pulau yang berada dekat pesisir barat Teluk Persia di Timur Tengah. Di tahun 2016, Dinar Bahrain merupakan mata uang paling mahal di dunia nomor kedua. Namun di 2017, mereka turun di posisi ketiga. Lagi-lagi, pengaruh tingginya mata uang Bahrain ini lantaran minyak mereka. Memang minyak memegang pengaruh penting dalam fluktuasi mata uang dunia. Rata-rata, negara penghasil minyak selalu memiliki mata uang yang stabil terhadap dolar. Per 1 Dinar Bahrain atau disingkat BHD ini setara 2.64 USD atau sekitar Rp 35.389,64.

4. Lira Malta

Republik Malta adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta terdiri dari lima pulau, tiga di antaranya berpenghuni, di tengah-tengah Laut Tengah. Malta dikenal sebagai tujuan pariwisata khususnya bagi orang Eropa. Malta terletak sekitar 80 km di selatan dari Italia, 284 km dari timur Tunisia dan 333 km di utara dari Libya. Malta mempunyai mata uang dengan nama Lira. Lira merupakan bekas mata uang Italia, San Marino, Lebanon dan Vatikan.

Istilah ini berasal dari nilai satu berat pon (atau pound) Troy (Latin libra) dari perak murni. Di beberapa negara, kata Lira dan Pound digunakan dianggap ekivalen L, kadang dalam bentuk digaris melintang (₤), biasanya digunakan sebagai simbol Lira. Negara-negara yang menggunakan Lira sebagai mata uang adalah Turki (Lira Turki Baru) dan Malta (Lira Malta). Dibandingkan dengan Rupiah, 1 Lira Malta sekitar Rp 35.461,51 sangat tipis unggul dari Dinar Bahrain dan juga Rial Oman.

5. Dinar Kuwait

Dan negara dengan nilai tukar mata uang paling tinggi di dunia adalah negara Timur Tengah lainnya, yaitu Kuwait. Negara yang pernah di invasi Irak dibawah rezim Saddam Hussein ini, punya nilai tukar mata uang setara 3.32 USD per 1 dinar kuwait (KWD)-nya. Bayangkan saja untuk 1 Dinar Kuwait, nilainya setara dengan Rp 43.696,6933 (per 28 Januari 2017). Kasarnya, kalau punya uang 50 ribu rupiah, sesungguhnya kamu hanya memegang 1 dinar Kuwait saja. Nilai tukar dinar Kuwait ini jauh lebih besar daripada dinar Bahrain, real Oman, Lats Latvia, bahkan Poundsterling Inggris. Memiliki sejuta saja uang Dinar Kuwait, kita akan mampu membeli apa pun. Rumah beserta isinya, mobil, selusin iPhone dan lain-lain.

Nah, itulah 5 mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia. Selaku bangsa Indonesia, kita tentu harus lebih mencintai Rupiah dibanding mata uang negara lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.