Bagaimana Menganalisis Mimpi? Berikut Penjelasannya

Ketika orang berpikir untuk menganalisis mimpinya, mereka biasanya memikirkan paranormal dengan bola kristal, kamus mimpi, atau berbaring di sofa sementara psikolog memberi tahu mereka dengan tepat apa yang dikesankan oleh idola mereka (dan ini terdengar seperti cerutu dan seks).

Tapi analisis mimpi bukanlah sesuatu hal. Dan itu sebenarnya cara yang berharga untuk lebih memahami diri sendiri. Dibawah ini, menjelaskan mengapa kita bermimpi, mengapa analisis itu penting dan bagaimana memulai menafsirkan mimpimu.

Mengapa Kita Bermimpi

“Bermimpi tidak penting bila menyangkut kelangsungan hidup sebagai tubuh, namun sangat penting dalam hal perkembangan dan evolusi kita sebagai makhluk metafisik”, ini yang mempelajari mitos mimpi global di Universitas Harvard dan interpretasi mimpi Jung di Institut Jung di Zurich.

Bermimpi adalah komunikasi antara pikiran sadar dan akal bawah sadar kita, membantu orang menciptakan keutuhan, katanya. “Mimpi adalah jembatan yang memungkinkan gerakan bolak-balik antara apa yang kita pikir, kita ketahui dan apa yang sebenarnya kita ketahui”. Mimpi membiarkan kita memainkan emosi atau pengalaman yang menyakitkan atau membingungkan di tempat yang aman.

“Mimpi juga memungkinkan kita memproses informasi atau peristiwa yang mungkin menyakitkan atau membingungkan di lingkungan yang seketika secara emosional nyata namun tidak nyata”. “Analisis mimpi adalah komponen kunci dalam proses yang akan menjadi utuh sebagai pribadi. Mimpi mengungkapkan hasrat terdalam dan luka terdalam seseorang. Jadi mengalisis impian anda membantu anda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri anda.

Cara Menganalisis Mimpi

Salah satu mitos terbesar tentang analisis mimpi adalah bahwa ada serangkaian peraturan ketat yang harus diikuti orang. Tapi setiap orang itu unik, jadi tidak ada formula atau resep. Mimpi hanya dapat memahami dalam konteks yang lebih luas dari penemuan dalam diri individu. Namun, ada beberapa panduan yang bisa membantu anda melihat impian anda lebih serius dan menggali lebih dalam maknanya.

*Catat impianmu, Ini adalah langkah pertama dan terpenting dalam menganalisis impian Anda. “Dengan mencatat, bahkan beberapa kalimat yang merangkum mimpinya, secara harfiah menarik isi ketidaksadaran ke dalam wilayah beton”.

*Pikirkan Anda tidak bermimpi atau tidak bisa mengingat mimpimu. Dia menyarankan untuk sekadar menyimpan jurnal di tempat tidur Anda dan menulis “Tidak ada mimpi yang terekam” setiap pagi. “Dalam dua minggu proses ini, orang tersebut akan mulai mengingat mimpinya”.

*Kenali bagaimana perasaan Anda dalam mimpi itu. Misalnya, bertanya pada diri sendiri: “Apakah saya takut, marah, menyesal, dll? Apakah saya masih merasakan perasaan itu pagi hari sesudahnya? Seberapa nyamankah aku merasakan perasaan ini”?

C.G. Jung menyebut mimpi sebagai “kompleks gagasan yang terasa kencang”. Dengan kata lain, “kita selalu dipanggil oleh alam bawah sadar kita untuk merasakan gagasan, pemikiran dan tindakan kita sehingga bisa mendapatkan perasaan yang lebih dalam tentang siapa kita dan ke mana kita pergi dalam hidup kita”.

*Kenali pemikiran berulang dalam mimpi dan kehidupan sehari-hari Anda. Sumber memberi contoh pemikiran berulang ini: “Mereka akan membunuhku”. “Saya tidak mengerti”. Atau “Saya tidak akan berhasil”. Selanjutnya, tanyakan pada diri Anda apakah Anda pernah memikirkan semua ini setiap hari. Jika demikian, dalam situasi apa Anda memiliki pemikiran ini?

*Pertimbangkan semua elemen mimpi. Anda bisa muncul dalam mimpimu dengan berbagai cara. Sering kali, “kita dapat menemukan diri kita, kepribadian kita, dalam banyak elemen mimpi, bahkan jika ada perbedaan yang jelas antara kita dan karakter lain dalam mimpi itu”. Anda bisa bertanya pada diri sendiri tentang pertanyaan ini: “Bagaimana rasanya menjadi penjahat dalam mimpi itu? Bagaimana rasanya menjadi agresor atau bersikap pasif”?

*Letakkan kamus mimpi. Anda mungkin menemukan kamus mimpi yang menampilkan makna spesifik untuk objek. Seperti sumber mencatat, walaupun mungkin ada beberapa makna universal untuk simbol-simbol ini, kuncinya adalah mencari tahu arti mimpinya bagi Anda.

“Meskipun mungkin ada jejak makna kolektif untuk simbol universal tertentu yang memiliki pengaruh terhadap analisis internal dan pertumbuhan kita, saya jauh lebih tertarik dimana pemimpi menggunakan simbol dan apa yang pemimpi terhubung sebagai hasil dari mimpi”.

Jadi, meski mungkin ada beberapa elemen universal, simbol memiliki arti yang berbeda untuk orang yang berbeda. “Saya percaya kita semua unik dan membawa sejarah sangat pribadi yang mempengaruhi simbol, objek, selera dan aroma yang kita kaitkan dengan kisah atau peristiwa mimpi tertentu”.

*Ingat Anda ahli. “Tidak ada ahli selain diri Anda sendiri jika menyangkut jiwa sendiri, jadi jangan berhenti mempercayai panduan batin Anda sendiri untuk ketidaksadaran Anda. Dia menambahkan bahwa, “terapis perlu mengesampingkan semua informasi, alat dan asosiasi mereka untuk simbol universal dan interpretasi mimpi dengan setiap klien baru dan memperlakukan setiap orang sebagai dunia baru yang unik untuk ditemukan”.

Anda bisa belajar banyak dari mimpi yang paling biasa sekalipun. Anda mungkin berpikir bahwa impian Anda tidak menarik, menyolok atau cukup mendalam untuk dijelajahi. Tapi bahkan bermimpi untuk memiliki oatmeal untuk sarapan pagi bisa menghasilkan hasil yang bijaksana. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi anda.