7 Lokasi Paling Angker di Indonesia

Hal-hal yang berbau mistis merupakan bagian dari cerita sehari-hari masyarakat yang ada di Indonseia, bahkan mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta pun masih banyak yang memercayainya. Stasiun-stasiun televisi maupun radio tiap malam Jumat berlomba-lomba untuk menayangkan program-program yang berbau horor. Mulai dari film, kisah-kisah misteri sampai reality show. Berikut ini 7 lokasi paling angker di Indonesia.

1. Mall Klender, Jakarta

Runtuhnya ekonomi Indonesia pada akhir 90-an telah membuat kekacauan dan kerusuhan dimana-mana termasuk di Ibukota. Tepatnya pada tanggal 14 Mei 1998, penjarahan besar-besaran terjadi di sebuah pusat perbelanjaan yaitu Yogya Plaza. Tragedi suram yang sulit dilupakan tersebut hingga saat ini dikenal sebagai tragedi ‘Mei Kelabu’. Sebuah sejarah kelam bangsa Indonesia yang mengejutkan semua orang, termasuk dunia internasional. Kerusuhan ini tidak murni karena inginnya reformasi, namun juga karena adanya kesenjangan sosial. Jadi menurut saksi mata, kalangan bawah tak suka dan iri kepada orang-orang kaya yang belanja di mall. Oleh karenanya mereka membakar hampir semua mall yang ada di kawasan itu termasuk Yogya Department Store ini.

Mall itu terbakar hebat pada 14 Mei 1998. Ketika sebagian massa sedang menjarah, sebagian lagi melakukan pembakaran. Ketika api membesar, cukup banyak warga yang terjebak. Puluhan tewas karena melompat dari lantai satu, dua dan tiga untuk menyelamatkan diri. Sebagian korban lain pingsan dikepung asap yang menggumpal dan kemudian tewas terpanggang. Evakuasi di Plaza Sentral Klender pada Jumat15 Mei 1998, dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Ada 350 jasad yang ditemukan hangus.

Cerita mistis pun berhembus dengan cepat di kalangan masyarakat, konon ada sebuah cerita dari supir angkot yang mengisahkan tentang pengalamannya melintasi Buaran, ada beberapa penumpang yang naik ke dalam angkot. Ketika melintasi Mall Klender, para penumpang itu turun begitu saja dan masuk ke dalam Mall yang baru saja terbakar. Penasaran, pria itu mengamati para penumpang yang diam saja sedari tadi. Betapa kagetnya dia saat tahu bahwa kulit dan bentuk para penumpang itu berubah menjadi hitam gosong seketika.

2. Lubang Buaya, Jakarta

Sebuah Monumen yang dibangun untuk memperingati sejarah berdarah Indonesia. Lubang Buaya merupakan sebuah tempat di kawasan Pondok Gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan mayat para korban penyiksaan. Gerakan 30 September pada 30 September 1965 atau sering disebut G30S menjadi tempat bersejarah, kompleks Monumen Pancasila Sakti banyak menyimpan cerita horror dibalik peristiwa kejamnya Gerakan 30 September atau G30S.

Di kompleks ini terdapat miniatur 3D yang menggambarkan bagaimana kejamnya pembantaian yang dilakukan oleh PKI untuk mengubah ideologi Pancasila. Konon menurut kesaksian penjaga Monumen dan pemilik warung setempat mereka sering mendengar suara rintihan orang kesakitan tepat di dalam sumur maut tersebut, pemilik warung menceritakan kejadian berbeda yang dilihatnya, “waktu itu hari sudah gelap dan monumen sudah tutup. Kebetulan saat itu saya mau beres-beres, tapi saya melihat ada beberapa prajurit berpakaian kuno yang masuk ke dalam Monumen. Padahal kan sudah di tutup,” tutur pemilik warung.

3. SMA Tugu, Malang

Dulunya kompleks sekolah ini diberi nama HBS dan AMS. Gedung sekolah ini dibangun pada tahun 1931 di dekat kawasan Alun-alun Bunder (sekarang Alun-alun Tugu). HBS (Hoogere Burger School) adalah Sekolah Tinggai Warga Negara atau Sekolah Menengah untuk Belanda, sementara AMS (Algemeene Middlebare School) adalah Sekolah Mengengah untuk Umum.

Kompleks sekolah yang terdiri dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4. Malang menjadi bagian dari sejarah zaman pendudukan kolonial Belanda di Indonesia. Pada masa penjajahan, ketiga buah sekolah yang ada di kompleks ini digunakan sebagai lokasi penyiksaan para tawanan. Mereka membuat lorong-lorong kecil yang menghubungkan bangunan-bangunan ini dengan stasiun kereta api dan kantor gubernur. Konon ceritanya dua pelajar SMA pernah mencoba memasuki terowongan tersebut karena penasaran dengan cerita yang beredar di masyrakat, namun berujung fatal. Salah satunya buru-buru berbalik arah sambil berteriak minta tolong karena terlalu trauma sampai tak sanggup berbicara. Sedangkan pelajar yang satu lagi ditemukan dua minggu kemudian di stasiun kereta dengan kondisi kejiwaan yang sangat terguncang dan tidak stabil.

Misteri lainnya dari bangunan ini yaitu bercak darah yang ada di beberapa lantai gedung sekolah. Setiap usaha untuk menyingkirkan bercak darah tersebut (entah dengan mengganti ataupun melapisi dengan keramik baru) selalu gagal. Tak jarang pekerja yang mengerjakannya pun jatuh sakit setelah mencoba menggantinya.

4. Gunung Merapi

Ini merupakan gunung ter-aktif yang ada di Indonesia, gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548 gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali, tercatat hampir puluhan ribua jiwa yang tewas akibat letusan merapi sejak tahun 1548 hingga 2010.

Di bawah puncak Gunung Merapi ada daerah batuan dan pasir yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Masyarakat setempat dan pendaki yang pernah kesana percaya bahwa tempat itu sangat angker. Banyak orang meyakini lokasi itu sebagai pasar besar Keraton Merapi dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi milik roh dan makhluk halus.

Ketika para pendaki mencapai kawasan ini, mereka akan dihimbau untuk menjaga kata dan perilaku. Sebab dalam kepercayaan masyarakat sekitar Merapi, kalau ada orang-orang yang tidak sopan dengan makhluk yang mendiami lokasi tersebut, mereka nggak akan segan-segan untuk menculik manusia. Konon katanya Merapi disebut-sebut sebagai salah satu kerajaan Jin terbesar di Indonesia loh.

5. Lintasan KA Bintaro

Tragedi Bintaro adalah peristiwa kecelakaan tragis yang melibatkan dua buah kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Pada tanggal 19 Oktober 1987, itu merupakan musibah terburuk dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Peristiwa ini juga menyita perhatian publik dunia. Peristiwa bermula ketika kepala Stasiun Serpong memberangkatkan KA 225 ke Stasiun Sudimara tanpa mengecek kepenuhan jalur KA di Stasiun Sudimara.

Ketika KA 225 jurusan Rangkasbitung-Jakarta Kota tiba di Stasiun Sudimara pada pukul 06.45 WIB, stasiun Sudimara yang punya 3 jalur saat itu penuh dengan KA. Tragedi ini setidaknya merenggut nyawa ratusan jiwa. Kondisinya pada saat itu benar-benar mengerikan, bahkan butuh waktu sampai dua hari untuk mengevakuasi seluruh korban jiwa. Anehnya sejak terjadinya tragedi tersebut kecelakaan yang terjadi di Bintaro semakin meningkat. Salah satu kisah misteri Tragedi Bintaro yaitu penampakan makhluk kasat mata berwarna hitam dengan sorot mata yang tajam berwarna merah.

Penampakan ini sering menganggu penguna jalan yang melewati jalan tersebut. Akibatnya penguna jalan sering mengalami kecelakaan. Tidak hanya itu yang sering muncul di rel kereta api wilayah Tragedi Bintaro, beberapa warga sekitar juga mengaku pernah melihat potongan tubuh tanpa kepala yang mengelinding diatas rel kereta tersebut. Ada juga beberapa warga yang mengatakan pernah melihat kepala yang melayang tanpa tubuh. Penampakan makhluk halus seperti ini sering dialami oleh warga yang melintas di rel kereta api.

 6. Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu atau lebih populer sebagai Pantai Selatan ini adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak dan hutan cagar alam. Keindahan sepanjang pantai selatan Pelabuhan Ratu tak bisa dilepaskan dari cerita mistis seputar Nyai Roro Kidul atau Ratu Kidul yang dipercayai warga sebagai ratu penguasa pantai selatan.

Kisah kecemburuan yang terjadi di keluarga Kerajaan Mataram pada abad ke-16 telah memakan korban, seorang ratu yang mengorbankan dirinya ke laut lepas. Legenda tragis tersebut sampai saat ini masih hidup. Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul kerap disangkutpautkan dengan hilangnya sejumlah orang yang berenang di Pantai Selatan. Konon cerita mistis yang beredar menyebut mereka yang berenang memakai baju berwarna hijau akan ditarik Nyi Roro Kidul dan mati bersamanya di laut lepas karena warna hijau merupakan warna kesukaannya.

Selain itu tepat di pinggiran pantai berdiri sebuah hotel, hotel ini dibangun atas dasar permintaan Presiden Soekarno untuk mendirikan tempat perisitirahatan di pantai Palabuhan Ratu. Setelah selesai didirikan, Presiden Soekarno pun sering melakukan semedi di kamar 308. Konon Nyai Ratu Kidul sendirilah yang memilih kamar tersebut untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Sejak saat itu Presiden Soekarno pun memerintahkan kepada pemilik hotel untuk tidak menyewakan kamar 308 untuk umum.

7. Lawang Sewu

Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia seribu pintu ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Indonesia. Bangunan Lawang Sewu dibangun pada tanggal 27 Februari 1904. Gedung tua ini menjadi saksi bisu pertempuran antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang. Pertempuran terjadi karena pemuda AMKA ingin mengambil alih kereta api. Setidaknya ada ratusan pemuda gugur dalam pertempuran ini dan dimakamkan tepat di halaman gedung.

Namun kini jenazah para pemuda tersebut sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan. Ruangan yang terkenal paling angker dari gedung tua ini adalah pada bagian Sumur Tua, Penjara Jongkok, Lorong lorong, Penjara Berdiri dan Ruang Penyiksaan. Di tempat-tempat tersebutlah yang paling sering di jumpai penampakan mahkluk astral. Disini banyak kisah kelam, konon kisahnya para tahanan yang di masukkan ke penjara dan dibiarkan begitu saja, berdesak-desakan hingga akhirnya meninggal dunia dan jika masih ada yang bertahan maka tahanan tersebut akan disembelih.

Penjara jongkok yang berdiameter sekitar 1,5 meter persegi dan tinggi sekitar 60 cm menjadi saksi bisu tindakan sadis para tentara Jepang. Konon disini di huni puluhan bahkan ratusan tahanan yang dimasukkan, para tahanan harus berjongkok dan berdesakan di penjara yang akan di isi dengan air sampai sebatas leher dan di tutup dengan jeriji besi. Bahkan para tahanan pun dibiarkan begitu saja sampai membusuk dan akhirnya meninggal. Bagi para wisatawan sebaiknya disarankan untuk tidak melamun karena sudah banyak kasus kesurupan yang terjadi. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu tempat yang paling horor.Keangkeran tempat ini juga tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya.

Konon disini para pengunjung masih bisa mencium bau darah yang sangat amis. Lawang Sewu kerap dijadikan lokasi syuting beberapa reality show misteri yang menunjukkan penampakan-penampakan makhluk gaib. Bahkan konon di media sosial sempat tersiar kabar bahwa salah satu peserta uji nyali di tempat ini meninggal secara tiba-tiba secara misterius tak lama setelah proses syuting.

Nah guys, itulah tadi 7 lokasi terangker di Indonesia yang kami rangkum dan sengaja kami sajikan hanya untuk kamu semua. Semoga dapat menambah wawasan kalian ya guys dan semoga bermanfaat.