6 Menu Khas Berbuka Puasa di Seluruh Dunia

Saat bulan puasa tiba, berbuka puasa adalah sebuah momen-momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Setelah menjalankan ibadah puasa seharian tentu saja saat berbuka puasa merupakan puncak kenikmatan disetiap bulan Ramadhan. Berbuka dengan yang manis di percaya dapat menghilangkan rasa dahaga yang berlebih setelah menjalankan ibadah puasa.

Namun ada menu-menu khusus yang akan disantap ketika buka puasa ini dimana menu-menu tersebut tidak akan dijumpai selain ketika bulan Ramadhan saja. Di negara kita yang kaya akan kuliner ini, banyak sekali hidangan-hidangan khas untuk berbuka yang hanya dapat dijumpai ketika bulan puasa. Namun ternyata bukan Indonesia saja yang memiliki tradisi Ramadhan dengan menu khas untuk berbuka puasa. Negara-negara lain juga memiliki berbagai menu khas untuk disantap ketika berbuka. Berikut listnya guys!

1. Hyderabadi Haleem, India

Makanan hyderabadi haleem merupakan salah satu makanan dari India yang sangat populer. Awalnya, hidangan ini adalah hidangan Arab dan diperkenalkan di India. Rempah-rempah tradisional setempat membuat makanan ini berkembang menjadi unik dan populer di kalangan umat Islam sejam abad ke-19. Bubur khas India ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Bumbu-bumbu tradisional di dalamnya seperti jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam, membuat bubur ini harus Divas cicipi. Bahan utama yang digunakan yaitu daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum.

2. Nasi Briyani, Singapura

Nasi briyani dibuat dari beras basmati. Tekstur beras ini panjang dan lembut, sehingga menghasilkan nasi yang berbentuk sedikit lebih panjang dari nasi yang biasa dimasak dari beras di Indonesia seperti pandan wangi dan beras ramos. Di Singapura nasi Briyani sangat mudah didapat, hampir disemua kedai yang menjual masakan muslim menyediakan nasi Briyani. Harga nya berkisar antara SGD 5-6. Dari sisi porsi, lebih banyak dari nasi biasa kalau makan di Indonesia. Cara menyajikan nasi Briyani juga agak unik loh, penjual meletakkan lauknya di tengah-tengah nasi. Jadi diatas piring kosong diletakkan nasi Briyani, kemudian lauk, terus ditutup dengan nasi lagi. Nah, ini yang menjadi daya tarik menu berbuka khas dari Singapura loh guys.

3. Harira, Maroko

Di Maroko, ada satu menu yang sangat khas di bulan Ramadhan yaitu sup harira. Sup dengan bahan utama tomat dan kacang lentil ini tidak hanya enak saat dimakan kala berbuka, tapi juga sehat loh. Rasanya, Ramadhan kurang lengkap tanpa kehadiran sup harira. Pierre-Alain Henry, salah seorang warga Marrakech, Maroko, mengatakan hampir setiap hari sup harira terhidang di meja makan keluarganya. Tak jarang tetangga di dekat rumah menghampiri dan membagi sup harira buatannya. Namun variasi makanan ini cukup banyak, Harira juga dikenal sebagai sup khas dengan daging domba sebagai bahan utamanya. Harira boleh disajikan dengan dicampur sayuran atau mie. Dilengkapi dengan bumbu rempah herbal yang kabarnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Roti Pide, Turki

Pide Sering disebut sebagai pizza Turki, Pide adalah roti pipih yang disajikan dengan berbagai isian, biasanya daging giling atau bayam dan keju. Di kota-kota besar seperti Istanbul, semua restoran dan rumah makan akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus bagi menu untuk buka puasa selama bulan Ramadhan. Yaitu satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan), pastırma, sujuk, dan berbagai kue-kue yang disebut börek. Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman. Sementara pencuci mulut terkenal yang disebut güllaç yang terbuat dari air mawar.

5. Lham Lhalou, Algeria

Algeria juga memiliki menu buka puasa yang khas. Salah satunya bernama Lham Lhalou. Makanan ini memiliki citarasa yang manis seperti layaknya menu untuk takjil yang biasa dipilih. Bedanya, Lham Lhalou ini merupakan menu berbahan dasar daging yang diolah sehingga memiliki citarasa yang manis. Lham Lhalou ini memiliki arti dalam bahasa Arab yang artinya daging yang manis. Daging yang digunakan dalam makanan ini berupa daging domba. Biasanya menu ini menjadi menu favorit saat berbuka puasa maupun di hari-hari biasa sebagai menu sarapan yang lezat bagi penduduk Algeria. Makanan ini dimasak hanya dengan campuran jahe, jeruk, almond, dan kismis loh.

6. Kolak, Indonesia

Ada puluhan bahkan ratusan jenis kuliner yang biasa disajikan oleh umat Muslim di Indonesia ketika menantikan berbuka puasa. Namun rasanya menu khas berbuka puasa yang satu ini tidak akan pernah terlewatkan. Ya benar, kolak lah menu buka puasa yang paling sering dijumpai saat berbuka puasa di Indonesia. Kolak adalah makanan dengan isi bisa berupa pisang, singkong, ubi atau campuran dari ketiganya dengan kuah yang dibuat dari bahan santan dan gula merah, ada juga yang menambahkan dengan pacar cina. Berbuka dengan Kolak juga merupakan tradisi orang-orang Indonesia loh.

Nah guys, daftar diatas mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk menu berbuka nanti loh. Mana yang lebih enak guys?