Inilah 6 Sosok Yang Bakal Maju Di Pilpres Tahun 2019 Mendatang

Tahun memang masih menginjak 2017. Itu berarti masa kepemimpinan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla masih dua tahun lagi. Terbilang cukup lama, tapi anehnya obrolan tentang pilpres 2019 sudah banyak dibahas di mana-mana. Apalagi setelah disahkannya UU Penyelenggaraan Pemilu pada Kamis 20 Juli lalu.

Diperkirakan, tahun 2019 nanti kandidat kuat paling berpotensi melengserkan kepemimpinan Jokowi hanyalah Prabowo. Dan awal tahun 2018 nanti akan jadi momen pertama untuk perkenalan bagi setiap calon Presiden. Namun, jika ngomongin soal calon presiden kelak, kira-kira siapa yang pantas jadi pengganti presiden dan wakil presiden ke-7 Indonesia? Ada sejumlah nama yang diperkirakan akan maju dalam Pilpres 2019 mendatang. Siapa saja? Mari kita lihat nama-namanya!

1. H. Ir. Joko Widodo

Diurutan pertama, pastinya sang petahana yang akan kita dahulukan. Sudah banyak pihak yang menyebut, jika Presiden Republik Indonesia yang ke-7 itu akan maju kembali pada tahun 2019. Jokowi sendiri juga sudah sering memberikan ‘lampu hijau’ bahwa ia akan kembali menjadi capres 2019 nanti. Jokowi merupakan figur yang tak terlepas dari dunia politik Indonesia.

Pada tahun 2005, ia terpilih menjadi walikota Solo dan sudah banyak prestasi yang ditorehkan pria asal Solo ini termasuk yang baru-baru ini menjadi Top 50 Muslim berpengaruh di dunia dan ia masuk di urutan ke 13. Tahun 2012, ia terpilih menjadi gubernur DKI jakarta dengan wakilnya Basuki Tjahaja Purnama yang diusung partai PDIP dan Gerindra. Namun, di 2014 Jokowi harus meninggalkan kursi gubernur DKI Jakarta untuk menjadi calon presiden Indonesia yang ke-7.

2. H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Nama Prabowo Subianto tentu nggak asing lagi di telinga kita. Ia adalah figur yang paling memungkinkan untuk menjadi Presiden RI selanjutnya dengan fakta beliau adalah sosok yang sukses berkarier di tiga bidang, yaitu militer yang handal dan berprestasi, pebisnis yang sukses dan juga politikus yang di segani dan berjiwa ksatria. Rasanya tidak ada satu hal pun yang perlu di pertanyakan lagi mengenai kapabilitas seorang Prabowo subianto untuk duduk di kursi RI 1. Selain itu, kuatnya Prabowo akan maju juga tidak terlepas dari dorongan rakyat Indonesia dengan melihat kondisi Indonesia saat ini yang masih jauh dari kata sejahtera.

Dengan latar belakang militer dan pebisnis, kemampuan Prabowo untuk memimpin negara emang nggak diragukan lagi. Oleh karena itu, namanya disebut-sebut pantas dijadikan presiden ke-8 Indonesia. Beberapa jabatan strategis pernah di dudukinya baik itu di militer maupun non-militer seperti Komandan Jendral Komando Pasukan Khusus, Panglima KOSTRAD, Ketua HKTI, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Dewan Penasihat Partai Gerindra dan lain sebagainya.

3. Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, S.IP

Jenderal kelahiran 8 Juli 1957 ini merupakan Panglima TNI ke 15 Republik Indonesia. Entah mengapa popularitas beliau meroket ketika menjabat sebagai Panglima TNI, mungkin karena sosoknya yang gagah dan berwibawa. Moeldoko juga satu dari sekian banyak jenderal di indonesia yang masih menganut gaya old-school general, tegas, tak kenal kompromi dan tentunya dengan gaya militer apa adanya.

Well, di balik semua itu beliau bukanlah figur sembarangan beliau meroket karena memang prestasinya yang tidak sedikit seperti : Lulusan AKABRI tahun 1981 dengan predikat terbaik (Bintang Adhi Makayasa), Bintang Dharma, Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Utama dan Seskoad 1995 sebagai lulusan terbaik. Bagaiamana? lawan yang sepadan bukan untuk seorang Prabowo Subianto? Atau jusru mereka saling bahu-membahu sebagai presiden dan wakilnya, who knows?

4. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Panglima TNI ini juga mendapat dukungan cukup besar dari masyarakat Indonesia untuk 2019 mendatang. Dukungan ini tidak terlepas dengan perannya yang berpihak kepada rakyat, dimana dia menekankan agar TNI bisa mengayomi masyarakat. Jenderal Gatot Nurmantyo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982 yang berpengalaman di kecabangan infanteri baret hijau Kostrad. Gatot pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Akmil. Selain itu, Gatot juga adalah Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018

Sejumlah kata-kata dari Gatot juga diakui oleh sejumlah kalangan menarik perhatian masyarakat. Namun, apabila Gatot maju menjadi calon presiden, ia sendiri terlihat belum cocok karena lebih baik ia menjadi pendamping presiden 2019 nanti.

5. Mayor Inf. (Purn.) Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A.

Beliau adalah putera pertama Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herawati. Namanya mulai dikenal secara luas ketika diusung oleh gabungan partai yaitu Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional untuk maju sebagai salah satu calon dalam Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017. Namun, ia kalah dari pasangan Anies-Sandi di putaran pertama pemilu gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 mendatang.

Meski kalah, namun usaha Demokrat mengenalkan Agus memang tak sia-sia. Sosok muda tersebut sangat berpotensi maju dalam pemilihan. Setidaknya, saat ini masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan mantan tentara tersebut. Oleh karena itu, banyak yang mengusulkan nama AHY untuk maju di pilpres tahun 2019, entah sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden.

6. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T, M.U.D.

Beliau merupakan Wali Kota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi pejabat publik, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung. Emil merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih. Sosok walikota berkharisma tersebut sudah berhasil membuktikan kalau dirinya bisa memegang dan merubah Kota Bandung dengan tangan lembutnya.

Ia sendiri lebih menekankan cara-cara diskusi kepada masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi kota Bandung. Hal ini pun membuatnya mendapat simpatik cukup besar tidak hanya oleh masyarakat Bandung, namun Indonesia. Sama seperti Agus Harimurti, banyak pendapat jika sosok ini bisa menjadi calon presiden ataupun menjadi wakil calon presiden nantinya.

Nah gaes, menurut kamu sosok siapa lagi yang bakal cocok menjadi calon presiden 2019 mendatang?