9 Aktifitas ‘Sepele’ Yang Akan Membuat Kamu di Hukum Berat di Korut

Korea Utara memang mempunyai kebijakan sendiri dalam mengatur warga negaranya. Negara dengan satu partai politik ini mempunyai aturan-aturan unik dan terkadang tidak masuk akal jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Korea Utara mempunyai ideologi juche, yaitu percaya serta bergantung terhadap kekuatan sendiri.

Korea Utara merupakan salah satu negara paling misterius di dunia. Tak banyak orang yang mengetahui bagaimana persisnya kehidupan masyarakat di sana. Korea Utara sendiri dikenal sebagai negara yang cukup menutup diri dari dunia luar. Sejak dikuasai oleh diktator, masyarakat Korea Utara seakan terkurung dari gemerlapnya dunia luar dan terkekangg oleh berbagai peraturan yang dibuat pemerintah.

Hampir seluruh peraturan yang diterapkan oleh pemerintah sangat ketat dan tak jarang berujung pada hukuman yang kejam. Pemerintah diktator tak segan menghukum mati siapapun yang dianggap melanggar. Ironisnya, terkadang masyarakat harus dihukum karena melakukan kesalahan yang sepele, dan tak masuk akal bagi sebagian besar orang. Berikut beberapa aktifitas sepele yang dilarang di Korea Utara. Simak ya guys!

1. Dilarang menggunakan celana jeans

Berbeda jauh dengan Korea Selatan, yang dikenal sangat modis dan trendi, Korea Utara sangat membatasi warganya bukan hanya dalam potongan rambut namun juga dalam urusan berbusana. Masyarakat Korea Utara dilarang ‘keras’ menggunakan celana jeans dalam keseharian mereka. Jika tertangkap, jangan harap selamat dari hukuman mati. Tak jelas apa tujuan di balik larangan ini, mungkin pemerintah Korea Utara ingin warganya berbeda dari warga negara tetangga nya. Aneh bukan?

2. Menonton acara televisi

Setiap warga negara Korea Utara dilarang menonton semua acara televisi selain acara propaganda yang dilakukan oleh pemerintahan. Dalam dua tahun terakhir, Korea Utara telah mengeksekusi mati sekitar 130 orang karena menonton acara televisi yang disajikan oleh stasiun televisi Korea Selatan.

3. Dilarang membawa mobil

Warga negara Korea Utara dilarang bergerak bebas di negaranya sendiri, termasuk membawa mobil pribadi. Di negeri tersebut rata-rata kurang dari 1 orang per 1000 yang mempunyai mobil. Di Korea Utara hanya pejabat dan militer yang di perbolehkan memiliki mobil, warga tidak boleh membawa mobil pribadi dan hanya di perbolehkan membawa sepeda atau naik bis untuk bepergian.

4. Beribadah

Ini merupakan salah satu aturan konyol yang dilarang di Korea Utara. Mengapa tidak? Beribadah merupakan Hak Asasi Manusia bukan? Memiliki kitab Injil merupakan hal yang ilegal di Korea Utara. Siapapun yang ketahuan menyimpan atau memiliki Injil akan dikenakan hukuman tegas, bahkan terancam hukuman mati. Pada tahun 2013, 80 orang yang beragama Kristen dieksekusi mati secara terbuka di di stadion hanya karena memiliki Injil. Aneh sekali ya!

5. Bermain musik

Betapa garingnya kehidupan warga di sini. Semua jenis musik di Korea Utara dikontrol oleh pemerintah. Semua jenis musik harus memuliakan penguasa pemerintah. Mendengarkan musik Barat adalah kriminal yang melawan negara dan memainkannya bisa membuatmu dihukum. Satu-satunya alat musik yang boleh digunakan di Korea Utara ialah Akordion, setiap sekolah wajib memberikan tes akordion bagi setiap calon guru yang akan mengajar. Tak heran, para murid di Korea Utara sering memainkan instrumen ini di acara-acara khusus. Bisa dibilang, inilah satu-satunya cara untuk menikmati musik dengan legal di sana.

6. Tidak boleh pangkas gaya ke barat-baratan

Jangan harap bisa tampil stylish sesuka hati jika tinggal di Korea Utara. Pemerintah hanya mengizinkan 28 jenis potongan rambut bagi pria dan wanita, dan semuanya adalah potongan rambut pendek. Oleh karena itu, setiap orang akan memotong rambutnya secara rutin jika masih ingin hidup tenang di negara tersebut.

7. Dilarang mengakses internet

Di Korea Utara, internet murni dipakai hanya untuk kepentingan propaganda pemerintah dan hanya bisa digunakan oleh para pejabat dan pihak berwenang saja. Pada tahun 2013 seorang jurnalis media online dipenjara selama 6 bulan karena ia typo dalam menulis sebuah artikel di website.

8. Menelepon ke luar negeri

Apakah Anda mempunyai sanak saudara disana? Jangan harap saudara Anda bisa memberi kabar melalui telepon. Karena berkomunikasi dengan siapapun ke luar negeri akan terancam hukuman mati. Pada tahun 2013, seorang pria Korea Utara dieksekusi di depan umum karena telah menelepon temannya yang tinggal di Korea Selatan.

9. Dilarang naik sepeda untuk wanita

Ini kebijakan konyol terbaru dari Kim Jong Un. Padahal, peraturan dilarang naik sepeda ini baru dicabut Jong Un beberapa bulan yang lalu. Presiden sebelumnya, Kim Jong Il melarang perempuan bersepeda pada tahun 1990-an karena putri salah satu pejabat tingginya meninggal dalam kecelakaan sepeda di Pyongyang. Bila ada yang melanggar, maka hukuman siap menanti nya.

Aturan ini tentu nya sangat memperberat wanita Korut untuk melakukan aktifitas sehari-hari, karena warga tak diizinkan membawa mobil, sepeda motor dan sebagainya.
Duh, sengsaranya!

Nah guys itulah tadi aktifitas yang benar-benar dilarang keras oleh pemerintah Korea Utara, meski kedengarannya konyol dan tak masuk akal. Sudah seharusnya kita bersyukur dilahirkan dan hidup di Indonesia. Benar tidak?