5 Makhluk Dalam Al-Qur’an Yang Akan Muncul Saat Kiamat Sudah Dekat

Hari Kiamat merupakan salah satu hari akhir yang wajib kita imani (rukun iman). Kiamat merupakan hari berakhirnya kehidupan diseluruh alam semesta. Hari kiamat adalah hari dimana langit akan terbelah, planet-planet dan huru-haranya telah berterbangan, bintang-bintang berjatuhan, gunung-gunung hancur, matahari digulung, binatang-binatang liar telah dikumpulkan, lautan-lautan meluap, ruh-ruh dipertemukan dengan badan, neraka dinyalakan, surga telah didekatkan dan bumi diratakan.

Kabar tentang terjadinya hari kiamat sudah tertulis dalam Alquran dan hadist. nyaris tanda-tanda yang dijelaskan tersebut sudah terjadi. Bahkan, bisa disimpulkan bahwa kita sedang menanti datangnya tanda kiamat besar. Jelang terjadinya kiamat besar, maka akan terjadi petaka dan huru-hara yang akan melanda manusia khususnya umat Islam. Dalam Alquran sebelum datangnya kiamat, ada beberapa makhluk yang sudah dijadwalkan untuk hadir menemani manusia. Ada yang tugasnya untuk membawa manusia pada keburukan ada juga yang membawa pada kebaikan. Penasaran? Berikut ulasan tentang makhluk-makhluk yang akan muncul sebagai tanda kiamat sudah dekat!

1. Dajjal

Kita semua mengetahui bahwasannya menjelang terjadinya hari kiamat akan muncul sesosok yang menganggap bahwa dirinya adalah tuhan. Memang ia diberi kekuatan oleh Allah SWT dengan tujuan untuk menjadi cobaan bagi umat manusia apakah ia akan tetap berpegang teguh terhadap agamanya atau lebih memilih mengikuti Dajjal si mata satu.

Dajal adalah seorang makhluk kafir yang jahat dalam eskatologi Islam, ia akan muncul menjelang Kiamat. Menurut hadits Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sejak Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS sampai ke hari kiamat nanti, tidak ada satu ujian pun yang lebih dahsyat daripada Dajjal” Nabi Muhammad SAW mengingatkan para pengikutnya untuk membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari Dajjal, dan kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut yang dijaga oleh para malaikat.

Dajjal akan berada di bumi selama 40 hari dan dia akan mengelilingi bumi dalam waktu yang singkat untuk mengajak orang menjadi pengikutnya, bagi yang membangkang dan tidak ingin mengikutinya maka ia akan diberikan kesengsaraan oleh Dajjal. Satu hari pertama seperti 1 tahun, satu hari kedua seperti 1 bulan, satu hari ketiga seperti sepekan, dan hari berikutnya seperti hari-hari biasanya.

2. Imam Al-Madhi

Nama beliau Muhammad bin Abdullah Al Mahdi Al Fathimi Al Quraisy. Beliau adalah keturunan Rasulullah SAW dan termasuk salah satu Khulafaur Rasyidin. Imam Mahdi adalah seorang Quraisy yang muncul di akhir zaman untuk memenuhi dunia dengan keadilan sebagaimana sebelumnya telah dipenuhi dengan kedzaliman. Beliau menetap di bumi antara 7 sampai 9 tahun, memerangi musuh Islam dan fitnah Dajjal.

Kelak Al-mahdi akan memerangi pengikut-pengikut Dajjal bersama Nabi Isa dan pasukan-pasukan muslim, perang tersebut adalah perang terbesar sepanjang sejarah dan akan menjadi perang terakhir yang terjadi di muka bumi, dikabarkan perang tersebut kembali seperti zaman dahulu yaitu menggunakan benda-benda tajam seperti pedang, tombak dan sebagainya.

3. Isa Al-Masih

Nabi Isa akan turun ke dunia di menara timur Damsyiq, disaat kaum muslimin hendak mengerjakan shalat berjama’ah. Turunnya Isa dengan diapit oleh dua malaikat yang mengenakan dua pakaian yang dicelupkan dengan minyak waras dan za’faran. Ia memiliki wangi yang sangat harum serta ketika ia mengibaskan rambutnya keluarlah permata darinya. Setelah mengerjakan shalat, beliau memimpin perang melawan Dajjal yang diikuti oleh 70.000 Yahudi.

Tatkala Dajjal melihat Isa maka tubuhnya meleleh seperti melelehnya garam dalam air. Kemudian ia terbunuh oleh nabi Isa AS dengan pedangnya di pintu Lood (Majmu’ Zawa’id : 7: 344). Saat itulah berakhir perang terbesar di dunia dan perang terakhir yang terjadi di muka bumi.

4. Ya’Juj dan Ma’Juj

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj adalah keburukan yang dekat yang telah diperingatkan oleh Rasulullah SAW. Dari Zaenab binti Jahsy bahwa Nabi datang kepadanya dengan tergopoh-gopoh. Beliau bersabda, “La ilaha illallah, celaka orang-orang Arab dari keburukan yang telah dekat, pada hari ini benteng Ya’juj Ma’juj dibuka seperti ini.” Rasulullah melingkarkan ibu jarinya dengan jari telunjuknya. (Muttafaq alaihi, Mukhtashar Shahih al- Bukhari no. 1341, Mukhtashar Shahih Muslim no. 1987).

Selama ini ada beragam persepsi tentang Yakjuj Makjuj. Ada yang mengatakan jika bangsa ini adalah alien, monster-monster buas, sampai ada yang mengatakannya sebagai perlambangan dari sifat-sifat jahat. Tapi kalau merujuk dari banyak referensi, dikatakan dengan jelas jika bangsa satu ini adalah manusia.

Diceritakan jika bangsa Ya’juj Ma’juj gemar membuat keonaran di sekitar tempat yang mereka tinggali. Mereka sangat kuat dan tak bisa dilawan, sehingga manusia pun menyerah menghadapi kegilaan bangsa ini. Hingga akhirnya seorang raja bernama Dzulkarnain, berinisiatif untuk membangun sebuah tembok besar atas paksaan umat manusia.

Dalam hadist riwayat Ahmad Rasul berkata jika tembok ini sangat dijaga oleh Allah. Ketika Ya’juj Ma’juj berhasil membuat lubang, keesokan harinya Allah mengembalikan bekas lubang tersebut dan membuatnya lebih kuat dari sebelumnya. Namun, dikatakan dalam Al Qur’an, jika saatnya tiba nanti tembok ini akan sanggup diruntuhkan oleh mereka. Ya’juj dan Ma’juj sendiri tidak mati ditangan Nabi Isa AS maupun Imam Mahdi, mereka akan mati dengan ulat-ulat yang menggerogoti leher-leher bangsa laknat itu, sesuai dengan Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim. Bangsa bar-bar ini pun mati seketika dan mayat-mayat mereka bergelimpangan serta berbau busuk. Tubuh-tubuh mereka memenuhi daratan hingga Nabi Isa dan sahabat-sahabatnya tak menemukan tanah untuk dipijak.

5. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard merupakan binatang buas atau bisa disebut dengan monster yang muncul dari perut bumi. Dalam Islam sendiri, makhluk ini merupakan sebagian dari tanda datangnya hari penghakiman. Binatang ini akan keluar dari kota Mekkah, tepatnya di dekat gunung Shafa.

Waktu keluarnya sendiri setelah terbitnya matahari dari barat. Makhluk ini memiliki kemampuan berbicara fasih dalam berbagai macam bahasa. Selain itu, dia juga membawa tongkat Nabi Musa As di tangan kiri dan sementara tangan kanannya memakai cincin Nabi Sulaiman As. Dia akan keluar dari bukit Sofa dan Marwa.

Makhluk tersebut seperti gabungan dari banyak binatang. Dia memiliki kepala seperti kerbau, sementara matanya menyerupai babi, dan telinganya bak gajah. Ia memiliki tanduk rusa jantan, namun lehernya seperti burung unta. Dada makhluk ini menyerupai singa dengan warna kulit harimau. Dia juga memiliki panggul yang mirip kucing, namun ekornya seperti biri-biri jantan dan kakinya seperti unta. Dalam penjelasan lain, digambarkan jika Dabbat al-Ard juga memiliki bulu panjang dan pendek. Tubuhnya begitu besar, namun gerakannya sangat cepat.

Dikatakan jika sosok ini nantinya akan menandai wajah-wajah manusia seluruh dunia. Bagi yang beriman, Dabbat al-Ard akan membuat wajah si manusia tersebut cerah. Tapi sebaliknya, ketika yang ditandainya adalah orang kafir, maka makhluk besar tersebut akan menjadikan wajah si sosok tersebut gelap.

Nah begitulah Allah ciptakan makhluk dan keajaiban-keajaiban pada akhir zaman, bahwa apa yang di firmankan-Nya merupakan bukti-bukti kebenaran-Nya, semoga kita semua dijaga Allah oleh dari fitnah dajjal dan juga dari sifat Ya’juj dan Ma’juj. Amin.