Mengapa Nyamuk Suka Hinggap di Telinga? Berikut Penjelasannya

Anda pasti sudah akrab dengan suara dengungan nyamuk yang tiap malam terdengar dekat telinga. Hewan kecil bersayap ini memang bergantung hidup pada manusia, mereka mengisap darah manusia untuk membuat telur dengan mencuri protein dan zat besi dalam darah. Walaupun tak menggigit, suara dengungan nyamuk cukup mengganggu, terutama saat mau tidur di malam hari. Bunyi dengungan masih terdengar walaupun sudah menggunakan cairan pengusir nyamuk. Namun apakah Anda sudah tau kenapa nyamuk suka berdengung dan terbang dekat telinga? Yuk, kita ulas disini secara lengkap guys.

1. Kelembapan

Nyamuk yang sering berdengung di dekat telinga kita biasanya tidak menggigit, namun sifat alami nyamuk sangat menyukai aroma tubuh manusia. Mereka juga tertarik dengan keringat yang keluar dari kelenjar keringat di sekitar kepala loh. Maka, ada kemungkinan nyamuk terbang untuk mendekati area kepala bukan telinga. Hal ini disebabkan karena adanya kelenjar keringat yang tertahan oleh rambut. Maka tak perlu heran jika Anda yang seharian menghabiskan waktu di luar rumah tanpa membilas rambut terlebih dulu sering kali dikerumuni nyamuk di bagian kepala. Nah, sarannya sih jika Anda enggak mau dengar suara nyamuk baiknya Anda memangkas gundul rambut Anda guys, kenapa ? Karena orang gundul gak punya rambut sehingga aroma keringat dari kulit kepala nya gak kecium sama nyamuk guys.

2. Hawa Panas Tubuh

Pada bagian tubuh manusia, telinga adalah bagian yang memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Artinya, suhu di bagian sekitar telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Alasannya adalah Membran tympanihanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan darah pada arteri karotis internadaneksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani.

Nyamuk mendeteksi panas. Dan ketika mendekati daerah sekitar kepala, dia sangat tertarik pada panas di daerah telinga. Itulah mengapa sebabnya mereka suka menghinggap bagian sekitar telinga.

3. Gas Karbondioksida

Menurut para ahhli serangga dari Amerika Serikat, nyamuk suka beterbangan di sekitar kepala karena tertarik pada gas karbondioksida yang dihembuskan manusia. Dan, yang bekerja dalam hal ini adalah nyamuk betina. Sementara apabila si nyamuk jantan yang ikut terbang di sekitar kepala, itu artinya nyamuk tersebut sedang menandai tempat untuk kawin.

Nah guys sekarang jadi tau kan kenapa nyamuk suka berdengung di telinga Anda? Sekarang kita akan bahas bagaimana cara menghindari gigitan nyamuk . Simak ya guys!

Kenakan Pakaian Tertutup
Untuk mencegah gigitan nyamuk, salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenakan pakaian tertutup.

Oleskan Minyak Eucalyptus
Mengoleskan minyak eucalyptus merupakan salah satu cara alami untuk mencegah gigitan nyamuk. Aromanya yang kuat mampu mencegah nyamuk datang.

Jangan Minum Bir
Berdasarkan penelitian kesehatan yang dilakukan tahun 2002, bau bir dapat menarik nyamuk untuk datang.

Konsumsi Bawang Putih
Tidak hanya dapat melezatkan masakan Anda, ternyata bawang putih juga dapat menjaga Anda dari gigitan nyamuk. Sebab kandungan allicin di dalamnya dapat menghalau gigitan nyamuk.

Tingkatkan Konsumsi Vitamin B
Vitamin B mampu mengubah aroma tubuh Anda sehingga nyamuk enggan datang.

Nyalakan Lilin
Lilin memancarkan asap yang dapat membuat nyamuk menjauh. Terutama apabila Anda menyalakan lilin aromaterapi.

Oleskan Minyak Citronella
Selain minyak eucalyptus, mengoleskan minyak citronella juga dapat menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk. Sebab minyak ini sama-sama memiliki aroma yang kuat.

Lada Hitam
Ekstrak lada hitam dapat digunakan untuk obat anti nyamuk dan mengusir nyamuk. Aroma lada mencegah nyamuk untuk mendekati tubuh Anda.

Dan Berikut Cara-cara Mencegah Nyamuk Berkembangbiak di Rumah Anda

Kuras air bak mandi rumah Anda seminggu sekali, sikat dengan menggunakan cairan pembersih agar telur-telur nyamuk tidak menetas dan berkembang biak.

Tutup wadah-wadah tempat penampungan air bersih dengan rapat. Dalam arti tidak terdapat rongga atau celah antara tutup wadah dengan wadah penampungan air, bila ada celah sedikit saja maka nyamuk akan masuk dan bertelur. Bersihkan wadah penampungan air bersih seminggu sekali.

Keringkan tanah-tanah disekitar yang tergenang air cukup lama, tanah yang tergenang air lebih dari 2 minggu bisa menjadi tempat yang ideal untuk nyamuk berkembang, ingat satu ekor nyamuk bisa menghasilkan 200-300 butir telur, bayangkan bila ada sepuluh ekor nyamuk yang bertelur paling tidak 2000 ekor nyamuk baru akan muncul dari 10 ekor nyamuk saja.

Bersihkan selokan yang macet secara teratur, selokan-selokan yang macet oleh tumpukan sampah dan tidak bisa mengalir bisa jadi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Hindari menutup sungai dan selokan untuk jalan sehingga fungsi pengontrolan dan pembersihan selokan dan sungai tidak lancar. Ganti air di pot-pot bunga seminggu sekali.

Bila mempunyai kolam maka sebaiknya juga memelihara ikan agar jentik-jentik nyamuk ikut dimakan ikan. Keringkan sampah-sampah plastik atau sampah-sampah yang bisa menampung air seperti bekas botol, ember, panci, dan lain-lain.

Bagaimana guys? Sudah dilakukan dirumah Anda? Jika belum, sebaiknya Anda lakukan sekarang. Karena penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk sangatlah berbahaya bagi kesehatan Anda. Semoga info di atas dapat menambawah wawasan Anda guys, terima kasih.