10 Jenis Kucing Terpopuler di Dunia

Bagi kalian para pencinta kucing, kalian pasti taulah yaa kalau kucing merupakan hewan paling indah di dunia. Kucing telah hidup berdampingan dengan manusia sekitar 9.500 tahun dan ini juga termasuk salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia.

Kucing sangat menyenangkan, baik hati dan termasuk hewan yang dianggap aman karena tidak terlalu membahayakan anak-anak. Kebanyakan orang memilih kucing karena keindahan bulunya, kebaikan sifatnya serta karakteristiknya yang unik dan menarik sehingga memang pantas dan tepat untuk di jadikan hewan peliharaan. Berikut adalah jenis-jenis kucing populer di dunia yang perlu anda ketahui. Cekidott!

1. Kucing Persia

Kucing Persia ditandai dengan wajah bulat, hidung pesek, kaki yang pendek dan memiliki bulu yang panjang. Kucing Persia dinilai sebagai jenis kucing nomor satu yang paling populer di dunia karena memiliki rasa kasih sayang dan setia. Salah satu kucing tertua di dunia ini berasal dari Persia (Iran). Kucing ini pertama kali di pelihara oleh peternak Inggris, kemudian peternak Amerika setelah perang dunia II. Meskipun kucing Persia mempunyai perawatan dengan biaya yang tinggi dan perlu perawatan setiap hari. Umumnya kucing jenis Persia terbagi menjadi berbagai jenis, seperti Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya dan Persia Medium. Dan untuk makanan kucing Persia, mereka lebih cocok mengkonsumsi makanan kering dan basah yang umumnya di jual khusus di toko hewan.

2. Kucing Siam (Siamese)

Ini merupakan salah satu keturunan kucing oriental. Asal-usul berkembang biaknya tidak diketahui tetapi diyakini berasal dari Asia Tenggara. Kucing Siam mempunyai tubuh yang elegan, ramping, fleksibel dan tampak berotot. Kepala berbentuk segitiga dengan hidung yang tipis. Mata cenderung berbentuk almond. Rambut pendek, berkilau, halus, lembut, ketat dan melekat pada tubuh.

Kucing Siam selalu ingin menjadi pusat perhatian, mereka ingin dirawat. Kucing ini sangat komunikatif, mengeong dengan suara yang lembut hanya untuk mendapat perhatian. Mereka cenderung berisik dan bisa menangis jika anda mengabaikan mereka. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan atletis dengan telinga yang besar. Mereka berbulu pendek dan sangat senang dibelai. Mereka sangat setia dan hanya dekat dengan satu orang yaitu majikannya. Hewan ini juga sangat cerdas dan penuh kasih kasih sayang.

3. Kucing Maine Coon

Ini merupakan jenis kucing tertua di dunia, kucing jenis ini berasal dari Maine ( Amerika Serikat). Menurut sejarah, kelompok kucing ini memiliki keturunan dari kucing ras Anggora dan ras Norwegian Forest. Maine Coon dicatat dengan struktur tubuh yang besar, bentuknya tubuh persegi panjang. Berat tubuh jantan rata-rata mencapai 12-18 kilogram dan betina biasanya 10-14 kilogram. Mereka kuat tetapi lembut dan penuh kasih sayang. Mereka mempunyai bulu yang panjang tetapi tidak memerlukan perawatan sebanyak Persia. Kepribadian mereka cukup baik dan akan membuat anda sangat aman bila dekat anak-anak. Mereka juga sangat setia kepada keluarga majikan.

4. Kucing Abyssinian

Ini merupakan salah satu kelompok kucing tertua di dunia. Banyak sumber mengatakan asal kucing ini berada di sekitaran Mesir dan sudah hidup di zaman kerajaan Mesir. Kelompok kucing jenis ini mempunyai kecerdasaan yang cukup tinggi. Abysinian sangat senang sekali berada di dekat manusia. Mereka selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan majikannya. Selain itu ras kucing ini juga mudah di latih untuk melakukan segala sesuatu.

Abyssinian adalah kucing yang berukuran tubuh sedang, langsing dan anggun dengan bulu pendeknya. Kaki Abyssinian panjang sehingga jika mereka berjalan terlihat sangat anggun. Kepala abyssinian memiliki bentuk kepala segitiga dengan sudut agak berbentuk bulat. Salah satu ciri khas kucing ini juga terdapat pada pola warna bulunya yang berbintik-bintik yang sering di sebut Ticket Agouti.

5. Kucing Ragdoll

Ini adalah salah satu kucing peliharaan dengan tubuh kuat dan memiliki kaki yang proposional. Mereka mempunyai ciri khas pinggul yang besar. Kucing jenis Ragdoll memiliki kepribadian yang cukup baik di antara kucing lain. Ragdoll memiliki suara yang lembut, bersahabat, manja, tidak suka mengganggu siapa saja dan suka bermain (aktif). Kucing jenis raggdol sangat mudah di latih untuk dijadikan teman bermain. Mereka tidak akan membela diri jika hewan lain menyerang mereka.

6. Kucing Savannah

Ini adalah salah satu kucing peliharaan terbesar di dunia, kucing ini merupakan ras kucing Hibrida yang dihasilkan dari sebuah persilangan kucing liar serval (dari daratan Afrika) dengan kucing ras Siamese, Bengal dan juga Egyptian. Savannah juga mempunyai rekor di dunia karena telah dinobatkan sebagai ras kucing terpanjang oleh Guinness World Records dengan panjang 17,1 inci ( 44 CM ). Mereka salah satu kucing yang cerdas, sering belajar bagaimana membuka pintu lemari dan siapa saja yang memelihara Savannah mungkin akan perlu mengambil tindakan pengamanan khusus untuk mencegah kucing dari hal-hal yang tidak diinginkan. Savannah termasuk kucing yang tidak takut air karena mereka akan bermain atau bahkan membenamkan diri dalam air.

7. Kucing Manx

Ini termasuk salah satu ras kucing dengan harga termahal di dunia karena memiliki perbedaan di ukuran ekornya, Manx mempunyai ekor lebih pendek dari ras kucing lainnya. Kaki belakang Manx lebih panjang daripada kaki depan dan kucing ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda tetapi hanya warna putih yang sangat langka di temukan.

8. Kucing Angora

Angora memiliki ciri fisik di bagian hidungnya yang mancung dan bentuk badannya yang semampai sehingga kucing ini memiliki karakteristik yang sungguh luar biasa dan sangat anggun ketika saat berjalan dan melakukan aktivitas lainnya. Kucing jenis ini di duga kuat berasal dari Turki, karena sesuai namanya yang di sebut Angora yang berasal dari sebuah nama kota di Turki ( Angkara ). Untuk harga kucing Angora yang “asli” bisa mencapai $15.000 dalam bentuk kualitas yang bagus dan bersertifikasi.

9. Kucing Garfield

Kucing ini umumnya memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ras Persia, namun yang membedakan dari kedua kucing tersebut ialah pada bagian bulu kucing Garfield yang sangat exotic karena lebih pendek ( keturunan ras American Shortair ). Kucing jenis Garfield memiliki ciri pada bagian hidung yang lebih pesek, bulu yang pendek, dahi lebar serta mata yang bulat dan besar.

10. Kucing Sphynx

Di balik wajah dan bentuk fisiknya yang sangar, ternyata Sphynx memiliki sifat yang sangat ramah, lembut dan suka mencari perhatian majikannya. Kucing ini sangat mudah akrab dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya, termasuk anjing sekalipun. Kucing Sphynx merupakan kucing yang aktif dan sangat suka bermain. Karena memiliki bulu yang pendek, Sphynx tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari. Sphynx merupakan kucing dengan harga yang di banderol sangat mahal.

Oke guys, berhubung info jenis kucing tercantik dan terpopuler di dunia sudah saya jelaskan di artikel ini, saya pamit dulu ya guys, semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara kucing.